3 SUMBU PADA PESAWAT TERBANG
Pada dasarnya, pesawat terbang
mempunyai gerak dasar pesawat yang fungsinya agar pesawat dapat bergerak stabil
pada saat terbang di udara. Adapun ketiga gerak dasar pesawat itu adalah
sebagai berikut :
1. Pitching
Pitching merupakan gerakan menggangguk atau gerakan keatas dan kebawah dari
nose pesawat, pitching bergerak pada sumbu lateral pesawat. Untuk
dapat melakukan gerakan pitching, pilot menggerakkan bidang kendali
utama atau primary control surface, yaitu dengan mengerakkan elevator
yang terletak pada horizontal stabilizer. Pergerakan elevator
dikendalikan dengan mengunakan stick control yang berada di dalam cockpit,
stick digerakkan kedepan dan kebelang. Apabila stick
digerakkan kebelakang, maka elevator up atau keatas dan akan
mengakibatkan nose pesawat bergerak keatas. Apabila stick
digerakkan kedepan, maka elevator down atau turun dan akan
mengakibatkan nose pesawat bergerak turun kebawah. Gerakan pitching
dilakukan pada saat pesawat akan melakukan take off (pada saat climbing
atau terbang menanjak) dan landing (pada saat descent atau
terbang menurun).
2. Rolling
Rolling merupakan gerakan berguling (roll) dari pesawat, rolling
bergerak pada sumbu longitudinal pesawat. Untuk dapat melakukan
gerakan rolling, pilot mengerakkan bidang kendali aileron
yang berada di wing / sayap. Pergerakan aileron dikendalikan
dengan mengunakan stick control yang berada di dalam cockpit,
stick digerakkan ke kiri dan kekanan. Apabila stick digerakkan
ke kanan, maka aileron sebelah kanan akan naik keatas dan aileron
sebelah kiri wing akan turun kebawah. Hal ini akan menyebabkan pesawat
akan rolling kesebelah kanan. Begitupula sebaliknya, apabila stick
digerakkan ke kiri, maka aileron sebelah kiri akan naik dan aileron
sebelah kanan akan turun. Hal ini akan menyebabkan pesawat akan rolling
ke sebelah kiri. Gerakan rolling dilakukan pada saat pesawat akan
berbelok atau bergerak ke arah kiri atau ke arah kanan.
3. Yawing
Yawing merupakan gerakan menggeleng atau nose pesawat bergerak ke
kanan dan ke kiri. Yawing bergerak pada sumbu vertikal pesawat.
Untuk dapat melakukan gerakan yawing pada pesawat, pilot menggerakkan
bidang kendali rudder yang berada pada vertical stabilizer.
Pergerakan rudder dikendalikan dengan menggunakan rudder pedal
(kanan dan kiri) yang berada didalam cockpit. Apabila pedal kanan
diinjak, maka rudder akan bergerak kekanan dan nose pesawat
akan mengarah ke kanan. Dan apabila pedal kiri diinjak, maka rudder
akan bergerak kekiri dan nose pesawat akan mengarah ke kiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar